SISTIM PENDIDIKAN HARUS DIBANGUN DIATAS KERANGKA KUAT YANG MEMUNGKINKAN GENERASI MUDA MEMILIKI IMUNITAS KEISLAMAN, KESEMPURNAAN AKHLAK PENGETAHUAN MEMADAI TENTANG AJARAN AGAMA MEREKA, DAN KEBANGGAAN TERHADAP KEJAYAAN PERADABANNYA YANG AGUNG (hasan al banna)

Jumat, 27 Februari 2015

Ulil Albab terus Tingkatkan Prestasi

SALAH satu sekolah Islam Terpadu terbesar di Batam, Sekolah Menengah Pertama (SMP) Islam Terpadu (IT) Ulil Albab menyiapkan murid-murid yang berkarakter, menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi (Iptek) tinggi dan kuat iman dan takwa (imtak).
Zulkifli Ahmad, M.Pd. Kepala Sekolah SMPIT Ulil Albab Batam

”Target itu kita wujudkan dengan menambah bekal murid dengan kegiatan ekstra kurikuler (ekskul) seperti karate, English Club, Arabic Club, panahan, jurnalistik, Futsal, karya ilmiah remaja, drama, nasyid, dan fotografi,” papar Kepala SMP IT Ulil Albab Batam, Zulkifli Ahmad, M.Pd, Sabtu (28/2/2015).
Zulkifli menambahkan SMPIT Ulil Albab selain berprestasi secara akademik juga berprestasi dalam kegiatan Pramuka tingkat nasional (kemah Nasional) Cibubur dan kemah ukhuwah Sumatra Bagian Utara (Sumbagut) yang melingkupi Aceh, Sumatra Utara, Sumatra Barat, Riau, dan Kepulauan Riau di bumi perkemahan Sibolangit Sumatra Utara lalu.
Orang tua yang ingin memasukkan anaknya, bisa datang ke SMP IT Ulil Albab Batam yang berlokasi di Jalan Tiban Utara nomor 1 Patam Lestari, Sekupang Batam. SMPIT Ulil Albab Batam menampung 90 murid untuk setiap tahun ajaran. Murid tadi dibagi dalam tiga kelas. Tiap kelas berisi 30 murid putra dan 60 putri.
Dikatakan Zulkiflii,  sekolah yang berdiri sejak 2010 ini sangat  mendepankan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berbasiskan dan berkarakter Islam. Sekolah ini menerapkan hafalan Alquran 1 Juz per tahun. Mereka menambah dengan mengajarkan berbagai kegiatan bernuasa Islami. Proses belajar mengajar dimulai pukul 07.00-16.00 WIB. Antara waktu inilah, keluarga besar Ulil Albab mengajarkan, mengajak, dan membentuk muridnya dengan kegiatan Islami.
Waka. Humas & Kesiswaan SMPIT Ulil Albab Batam,Guntar S Sembiring.

Tekad dan tujuan Ulil Albab papar Zulkifli, adalah mewujudkan murid unggul yang mutakin, cerdas, berakhlak, terampil, berkarakter, beprestasi, berbudaya, serta berakhlaqul karimah. Persiapannya, sebelum pelajaran dimulai, murid diwajibkan membaca dan menghapal ayat-ayat Alquran, doa bersama, kemudian salat Dhuha. Ini maksudnya, murid diajar selalu ingat, bersyukur kepada Allah atas segala kesehatan, kesempatan yang diberikan kepada murid.
Peserta didik disiapkan pintar dalam pendidikan reguler (umum, red), sekaligus faham agama, hormat dan sayang kepada guru, orang tua, dan juga kawan-kawannya. Murid dibekali akhlak, serta menjauhi hal-hal dilarang agama. Ini sangat penting, sebagai bekal dan pondasi kuat bagi murid untuk membentengi dirinya dari pergaulan negatif, baik saat masih sekolah maupun setelah meninggalkan Ulil Albab. Murid disiapkan menjadi teladan secara akademik dan akhlak kepada temannya, lingkungannya, baik saat masih sekolah, atau setelah terjun ke tengah masyarakat.
”Proses pendidikan Islam menempati posisi paling utama. Pendidikan adalah upaya (proses) menumbuhkan, mengembangkan (tarbiyah), potensi (fitrah) manusia menuju manusia yang mulia,” ujar Zulkifli.
Waka Humas & Kesiswaan sekaligus Pembina Pramuka SMP IT Ulil Albab Guntar menambahkan, SDM andal hanya bisa terwujud dengan disiplin. Disiplin ditegakkan kepada guru. Guru ditingkatkan SDM-nya dengan diberikan pelatihan. Pengajar disiplin, dan dibekali berbagai pelatihan inilah yang menjadi ujung tombak Ulil Albab untuk mencetak murid yang Islami dan menguasai iptek dan imtak.
”Dalam memajukan misi dan visi tersebut, Ulil Albab mendapat dukungan dari Dinas Pendidikan Batam, tokoh masyarakat dan tokoh Agama Batam,” kata Guntar. ***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar