SISTIM PENDIDIKAN HARUS DIBANGUN DIATAS KERANGKA KUAT YANG MEMUNGKINKAN GENERASI MUDA MEMILIKI IMUNITAS KEISLAMAN, KESEMPURNAAN AKHLAK PENGETAHUAN MEMADAI TENTANG AJARAN AGAMA MEREKA, DAN KEBANGGAAN TERHADAP KEJAYAAN PERADABANNYA YANG AGUNG (hasan al banna)

Rabu, 17 Februari 2016

Marinir dan Lamensa II Membentuk Karakter yang Islami serta Mental yang Kuat

Komandan Batalyon Infanteri - 10 Marinir/SBY TNI Angkatan Laut (Danyonif) Batam, Letnan Kolonel Marinir Anjas Wicaksono Putro, M.T. OPLA menjadi inspektur upacara sekaligus membuka secara resmi kegiatan Latihan Mental Siswa (Lamensa) II, Sekolah Menengah Pertama (SMP) Islam Terpadu (IT) Ulil Albab Batam di Markas Komando (Mako) Batalyon Infanteri - 10 Marinir/SBY,Pulau Galang Batam, mulai Kamis  (11/2/2016) sampai Sabtu (13/2/2016).
Peserta Lamensa II SMPIT Ulil Albab Batam dan Pelatih Batalyon Infanteri-10 Marinir SBY sedang berpose disela-sela kegiatan.


Peserta Lamensa II SMPIT Ulil Albab Batam di depan alat tempur Batalyon Infanteri-10 Marinir





‘’Dalam pembukaan upacara Lamensa II Komandan Yonif Marinir Anjas Wicaksono Putro memasang tanda perserta latihan kepada perwakilan siswa dan pelatih,’’ papar Kepala SMP IT Ulil Albab Batam, Zulkifli Ahmad M.Pd di ruang kerjanya, Jalan Tiban Utara nomor 1 Kelurahan Patam Lestari, Kecamatan Sekupang, Senin (15/2/2016).

Kegiatan itu papar Zulkifli, diikuti sebanyak 133 siswa dan siswi kelas 7 dan 8,dan didampingi 20 majlis guru SMP IT Ulil Albab Batam serta 12 pelatih dari anggota Batalyon Infanteri Marinir. Saat itu, para siswa terlihat bersemangat mengikuti salah satu program tahunan sekolah yang mengangkat tema Berakhlakulkarimah,berprestasi dan berwawasan global. Kegiatan lamensa II ini sendiri, sudah dipersiapkan jauh-jauh hari. Program ini merupakan komitmen sekolah untuk memberikan pendidikan terbaik bagi anak didik. Kami berharap dengan kegiatan lamensa II ini peserta didik bisa menjadi tangguh, disiplin, berani, bisa bekerja sama, bertanggungjawab, menghormati orang lebih tua, menyayangi orang lebih muda, dan lainnya
Komandan Yonif Marinir Letnan Kolonel Anjas Wicaksono Putro, M.T. OPLA (kedua dari kanan), serta beberapa Majlis Guru SMPIT Ulil Albab Batam sedang mengatur strategi kegiatan Lamensa II


Pendidikan selama tiga hari dua malam ini memberikan kesan yang sangat mendalam kepada seluruh siswa. Dipandu 12 personel Batalyon Infanteri, para siswa diajak mengenal lingkungan Mako Batalyon Infanteri. Kemudian diberikan pengenalan Peraturan Baris Berbaris (PBB,) problem tali, pengenalan senjata, fun game di air,lomba dayung di dermaga Mako,Jalan malam dan berbagai kegiatan lainnya.

Saat dilatih personel Marinir TNI AL, muatan Islami tetap diberikan kepada peserta. Ketika datang waktu salat, siswa pun melakukan shalat berjamaah tepat waktu. Peserta juga mengikuti kajian Hadist Arba'in Imam Nawawi,dzikir pagi dan petang serta shalat tahajud, dan lainnya. Semua ini dilakukan, agar peserta memiliki mental kuat, namun tetap mempunyai karakter dan nilai-nilai Islami yang kental.

Ditambahkan Zulkifli, dalam amanatnya, Danyonif marinir, Letnan Kolonel Marinir Anjas Wicaksono Putro, M.T. OPLA menyampaikan, Lamensa II bertujuan untuk membentuk mental siswa-siswi sehingga mampu memberikan  transformasi pengetahuan dan keterampilan yang diikuti pula oleh perubahan nilai - nilai etika secara sistematis dan mengarah kepada hal-hal yang positif, sehingga dengan demikian, hasil kegiatan ini akan memberikan konstribusi nyata dalam wujud peningkatan dedikasi dan loyalitas yang tinggi didalam dada masing - masing siswa lamensa II, selain itu,latihan ini dilaksanakan agar siswa  dapat dengan cepat menyesuaikan dan beradaptasi dengan lingkungan, sehingga kedepannya dapat mewujudkan mental yang kuat dalam kehidupan sehari - hari dan di sekolah. 

Selain Kegiatan Lamensa, sekolah yang beralamatkan di Jl. Tiban utara No. 01 Kelurahan Patam Lestari Kecamatan Sekupang, telepon. 0778 355 3385 ini mempunyai banyak kegiatan unggulan yang dilakukan baik didalam sekolah maupun diluar sekolah, contohnya adalah mengikuti Kemah Nasional Sekolah Islam Terpadu di Coban Rondo Malang (SIT), malam bina iman dan taqwa (Mabit), kejurda dan kejurnas karate, kunjungan edukasi ke Lembaga Pemasyarakatan (LP) dan DPRD Kota Batam, tambah Zulkifli. (gss)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar